5 Manfaat Memiliki Jenggot yang Tak Diduga

Halo Serupedians

Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk para pria mengistirahatkan pisau cukurnya dan membiarkan jenggot Anda tumbuh dengan rapih. Karena terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki jenggot sebenarnya adalah kunci untuk menjaga Anda tampak lebih muda, berfungsi sebagai pelembab alami, serta mengurangi risiko kanker.


Manfaat memiliki jenggot pun sudah diteliti para ahli kedokteran. Berikut serupedia akan mengulas 5 manfaat memiliki jenggot yang tak akan duga, seperti yang dilansir di situs Fox News,

1. Melindungi dari Paparan Sinar UV

Menurut penelitian terbaru dari University of Southern Queensland, jenggot dapat melindungi hingga 95 persen dari sinar UV matahari, sehingga dapat mencegah karsinoma sel basal atau kanker. 

2. Mencegah Infeksi Kulit

Penggunaan pisau cukur ternyata dapat menyebabkan jerawat, ruam di kulit, serta peradangan pada partikel rambut. Menurut Dr Shannon C. Trotter, seorang rekan dari College of Osteopathic Dermatologi dan dermatologis di Ohio State Wexner Medical Center mengatakan, "Penggunaan pisau cukur dapat mengiritasi kulit serta penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada partikel rambut."

3. Terlihat Lebih Maskulin

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Evolusi dan Perilaku Manusia. Anda dapat terlihat lebih maskulin jika memiliki jenggot tipis yang menghiasi wajah. Studi ini menemukan bahwa pria yang memiliki jenggot tipis tampak terlihat sangat menarik di mata wanita.

4. Pelembab Wajah Alami

Kulit kita memiliki kelenjar minyak alami yang dapat melembabkan wajah. Menurut Dr Trotter, kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak di wajah Anda berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Memiliki jenggot tebal, berarti terdapat kelenjar minyak yang tersembunyi di dalamnya, sehingga membuat kulit di sekitar jenggot memiliki kelembapan alami . Jenggot juga dapat melindungi kulit dari paparan angin yang dapat mebuat kulit Anda kering dan infeksi.

5. Mengatasi Asma dan Flu

Dr Felix Chua, seorang dokter konsultan pernapasan di Klinik London, mengatakan, "Secara teori, kumis dan jenggot dapat menghentikan hal-hal yang memicu asma, karena dua hal tersebut adalah saringan alami yang menangkap berbagai polutan sebelum Anda menghirup udara.” Jenggot tebal yang tumbuh dibawah dagu dan leher juga dapat menaikkan suhu di sekitar leher sehingga dapat membantu melawan batuk dan pilek saat Anda menderita flu. "Rambut adalah isolator yang membuat tubuh Anda hangat. Jenggot panjang dan lebat juga dapat menghangatkan wajah dan leher Anda ketika cuaca dingin.

Powered by Blogger.